Super Excellent Network Bersama Meraih Kebebasan Finansial Yang Sebenarnya

Rabu, 19 September 2012

Kadin: MP3EI Merupakan Peluang Bagi Dunia Usaha

Kadin: MP3EI Merupakan Peluang Bagi Dunia Usaha


Kadin: MP3EI Merupakan Peluang Bagi Dunia Usaha

Posted: 27 Aug 2012 08:54 PM PDT

Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Kadin Indonesia Suryo Bambang Sulisto mengatakan, Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) merupakan sebuah peluang yang dapat dimanfaatkan oleh dunia usaha Tanah Air.

"Bagi Kadin, paket proyek pembangunan infrastruktur untuk MP3EI merupakan peluang yang sangat besar," kata Suryo Bambang Sulisto dalam acara Indonesia International Infrastructure Conference and Exhibition (IICE) 2012 yang digelar di Jakarta, Selasa.

Dalam pembukaan perhelatan internasional tersebut, Ketua Umum Kadin juga mengucapkan terima kasihnya kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono karena telah memberikan kesempatan bagi Kadin beserta unsur dunia usaha untuk terlibat dalam perencanaan MP3EI.

Suryo Bambang Sulisto juga mengulang pernyataan Presiden pada penyelenggaraan IICE pada tahun 2011 yang menyebutkan bahwa pemerintah terus memberikan kesempatan bagi sektor swasta untuk berpartisipasi dalam pembangunan infrastruktur di berbagai daerah.

MP3EI merupakan rencana berjangka waktu 15 tahun yang terdiri atas sekitar 750 proyek dengan total nilai proyek yang mencapai hingga sekitar 240 miliar dolar AS.

Sedangkan penyelenggaraan IICE 2012 dihadiri oleh sekitar 1.000 peserta yang terdiri atas unsur dunia usaha, para pakar teknis dan logistik, jajaran menteri terkait, dan gubernur dari 33 provinsi se-Indonesia.

Sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyatakan sebanyak 135 proyek pembangunan terkait kerangka Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) telah dilakukan "ground breaking".

"Sejak diluncurkan pada tanggal 27 Mei 2011, sampai dengan akhir Juli 2012 sudah banyak yang dicapai dalam implementasi MP3EI. Sebanyak 135 proyek pembangunan infrastruktur dan sektor riil dengan investasi senilai lebih dari Rp490 Triliun, telah dilakukan `ground breaking`," kata Presiden saat membacakan Pidato Kenegaraan Presiden RI di Jakarta, Kamis (16/8).

Presiden memaparkan, MP3EI berguna untuk menurunkan kesenjangan pembangunan baik antargolongan masyarakat maupun antardaerah yang relatif masih tinggi, menurunkan pengangguran, dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang digerakkan oleh inovasi.

Ia juga menuturkan, strategi percepatan dan perluasan pembangunan infrastruktur juga merupakan terobosan untuk menghindari "middle income trap" (perangkap kelas menengah). "Dengan cara itulah, kita akan luput dari stagnasi pembangunan yang banyak dialami oleh negara-negara berpendapatan menengah," katanya. (tp)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Incinerating Assange - The Liberal Media Go To Work.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar