Rabu, 02 Oktober 2013

800 UKM Siap Rambah Pasar Malaysia

800 UKM Siap Rambah Pasar Malaysia


800 UKM Siap Rambah Pasar Malaysia

Posted: 01 Oct 2013 05:46 PM PDT

Jakarta - Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia berpeluang mengembangkan bisnisnya hingga ke Malaysia. Sebanyak 800 pengusaha UKM siap berangkat ke negeri jiran tersebut pada 2-5 Oktober 2013.

Sebanyak 800 pelaku UKM ini diberangkatkan guna memberikan pembelajaran kepada para pelaku UKM di luar negeri sehingga bisa membaca persaingan bisnis dan membuka peluang usaha di luar pasar Indonesia.

"Harapannya, para UKM bisa siap bersaing menghadapi Asean Economic Community (AEC) 2015, para pelaku UKM juga diharapkan dapat melihat peluang untuk memasarkan produk Indonesia di Malaysia," ujar Asisten Presiden Direktur PT Sinde Budi Sentosa, Jony Yuwono, selaku pihak yang memberangkatkan para UKM ini dalam siaran pers, Rabu (2/10/2013).

Menurut data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, 99,99% dari total usaha di Indonesia adalah UKM yang tercatat berjumlah 56 juta. UKM sebanyak itu sudah menyerap 107 juta tenaga kerja atau 97,16% dari total tenaga kerja di Indonesia dan menyumbang Rp 4,3 triliun atau 58% persen terhadap PDB 2011.

"Di 2015 tidak ada lagi kata-kata belum siap untuk menghadapi AEC, UKM merupakan salah satu kunci keberhasilan pertumbuhan ekonomi Indonesia, untuk itu UKM diharapkan mampu bersaing," ungkap Menteri UKM Syarief Hasan.

Syarief mengatakan, tekanan ekonomi global yang mengakibatkan lemahnya rupiah menjadi salah satu faktor UKM di Indonesia masih kalah dengan UKM China, India dan Amerika Serikat.

Meski demikian tekanan ekonomi global yang menyebabkan melemahnya rupiah, diharapkan tidak menyurutkan semangat para pengusaha UKM untuk terus mengembangkan lini usahanya.

"Meski kita masih dibawah, China, India dan Amerika, namun UKM Indonesia masih mampu bersaing dan masih menjadi market leader di pasar domestik," kata Syarief.

(ang/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar