Super Excellent Network Bersama Meraih Kebebasan Finansial Yang Sebenarnya

Rabu, 10 Juli 2013

Peluang Pemberian Tunjangan Kemahalan bagi Pekerja Mengecil

Peluang Pemberian Tunjangan Kemahalan bagi Pekerja Mengecil


Peluang Pemberian Tunjangan Kemahalan bagi Pekerja Mengecil

Posted: 10 Jul 2013 05:58 PM PDT

KUDUS, suaramerdeka.com - Peluang diberikannya tunjangan kemahalan kepada pekerja terkait kebijakan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) di lingkungan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kabupaten Kudus, sepertinya semakin mengecil.

Meskipun wacana tersebut sudah digulirkan oleh serikat pekerja, namun hingga saat ini belum ada satu perusahaan pun di lingkup organisasi itu yang menyatakan akan merealisasikannya.

Sekretaris Apindo Hamidin, Kamis (11/7) menyatakan, sudah ada beberapa pembicaraan informal diantaranya serikat pekerja dengan perusahaan di tempat mereka bekerja. Namun, hingga saat sekarang pihaknya belum mendapat informasi ada perusahaan yang akan melaksanakannya. ''Hingga saat ini belum,'' tandasnya.

Dari puluhan anggota Apindo, masih tetap mendasarkan pada UMK 2013 sebesar Rp 990 ribu. Meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan bila ada perusahaan anggotanya yang memberikan tunjangan kemahalan kepada pekerjanya. ''Kami serahkan kepada kebijakan masing-masing perusahaan,'' imbuhnya.

Pengertiannya, kebijakan soal hal itu didasarkan atas pembicaraan bipartit, yakni perwakilan perusahaan dan serikat pekerja. Apindo hingga saat sekarang ini belum mengambil sikap secara resmi.

Alasannya, kondisi masing-masing perusahaan berbeda-beda. Kebijakan tersebut tidak dapat diterapkan secara menyuruh karena faktor seperti itu. ''Masing-masing perusahaan dinamika dan kondisinya lain,'' paparnya.

Berdasarkan pendapat pribadinya, tunjangan kemahalan dimungkinkan baru dapat direalisasikan pada 2014. Kondisi kenaikan harga BBM yang merembet ke sejumlah komponen biaya akan menjadi salah satu faktor untuk dapat mempengaruhi besaran upah tahun depan.

Meskipun masuk ke komponen biaya transportasi, tetapi pada kenyataannya dapat mengakibatkan hampir semua komponen biaya melonjak. Hal seperti itu tidak hanya dirasakan kalangan pekerja saja. Kalangan dunia usaha juga mengalami hal serupa.

( Anton WH / CN26 / SMNetwork )

Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: 'You Say What You Like, Because They Like What You Say' - http://www.medialens.org/index.php/alerts/alert-archive/alerts-2013/731-you-say-what-you-like-because-they-like-what-you-say.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar