Sabtu, 13 Juli 2013

Bekerja Produktif di Rumah? Bukan Masalah....

Bekerja Produktif di Rumah? Bukan Masalah....


Bekerja Produktif di Rumah? Bukan Masalah....

Posted: 13 Jul 2013 12:54 AM PDT


KOMPAS.com -
Bekerja di rumah tidak lagi menjadi masalah. Justru, ini bisa menjadi peluang bagi anak-anak muda yang ingin memulai usahanya sendiri. Akan tetapi, bekerja di rumah juga sebetulnya tidak bebas risiko. Tanpa disiplin diri, target tidak akan terpenuhi dan kesuksesan akan sulit diraih.

Pemilik startup atau usaha-usaha kreatif rumahan dapat melakukan langkah-langkah ini untuk menciptakan "ruang kantor" mungil atau "ruang kreasi" di rumah.

Pertama, pilihlah sebuah area yang dapat digunakan sebagai ruang kerja. Anda bisa memilih area di belakang rumah, garasi, atau kamar tidur. Tergantung pada pola serta keperluan pekerjaan.

Kemudian, rancang ruang tersebut mampu menjadi ruang kerja yang menyenangkan dan inspiratif. Area pilihan tidak perlu sebuah ruangan khusus. Bagi pemula, sebenarnya pekerjaan bisa dimulai dari kamar tidur sendiri. Sebuah meja, perlengkapan, keinginan, dan disiplin diri sangat berperan penting untuk memulai usaha di rumah.

Bila perlu, catlah dinding di sekeliling area tersebut dengan warna kesukaan. Buat semacam papan atau gantunglah berbagai notes, gambar, dan cenderamata yang bisa menimbulkan inspirasi. Pastikan area ini memiliki akses yang cukup bagi sinar matahari.

Masuknya sinar matahari adalah hal penting. Pastikan jumlahnya tepat dan tidak terlalu banyak. Jika bekerja dengan layar komputer, terlalu banyak sinar matahari, terutama yang langsung mengarah pada komputer, akan menyulitkan penglihatan pada isi layar.

Untuk itu, manfaatkan blinds, gorden, atau mengatur posisi meja agar jumlah sinar matahari yang masuk tidak berlebih. Sebaliknya, jika kurang, gunakan lampu. Cek dahulu warna, kekuatan, dan jenis lampu yang paling tepat sesuai kebutuhan.

Setelah itu, mulailah menginventarisasi atau membuat daftar kebutuhan dan keinginan untuk area tersebut. Kebutuhan tersebut tentu sangat bergantung pada area pekerjaan. Misalnya, Anda seorang arsitek, pelukis, atau pembuat kerajinan tangan. Anda membutuhkan meja-meja besar, ruang untuk menyimpan alat-alat tulis dan mewarnai, serta ruang kosong serbaguna yang dapat dipergunakan untuk membandingkan karya, presentasi, atau sekedar untuk bersantai. Mulailah dari daftar hal-hal paling mendasar. Seiring perjalanan waktu dan usaha, tentu Anda bisa menambahkannya nanti.

Jika Anda cukup beruntung bisa memiliki studio berukuran luas sebagai ruang kerja di rumah, Anda mungkin dapat mempertimbangkan penggunaan "kereta" mungil untuk menyimpan keperluan. "Kereta" ini bisa Anda manfaatkan sebagai tempat penyimpan alat tulis yang dapat dipindah-pindah. Selamat bekerja dan berkreasi!

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: 'You Say What You Like, Because They Like What You Say' - http://www.medialens.org/index.php/alerts/alert-archive/alerts-2013/731-you-say-what-you-like-because-they-like-what-you-say.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar