Minggu, 09 Juni 2013

Peluang Usaha Gula Tebu Masih Terbuka

Peluang Usaha Gula Tebu Masih Terbuka


Peluang Usaha Gula Tebu Masih Terbuka

Posted: 10 May 2013 11:47 PM PDT

image

GILING TEBU: Karyono membetulkan saringan saat pekerja menggiling tebu untuk diproses menjadi gula tebu. (suaramerdeka.com/Arief Noegroho)


PURBALINGGA, suaramerdeka.com -
Peluang usaha gula tebu saat ini masih terbuka. Sebab gula ini dibutuhkan oleh perusahaan kecap maupun perajin gula kelapa. Gula tebu banyak dikirim ke beberapa industri di Jawa Barat.

Melihat peluang itu, Karyono, warga Desa Pangempon, Kecamatan Kejobong mencoba ikut meramaikan usaha ini. "Satu kuintal tebu setelah diproses hanya bisa menjadi 8 kg gula," katanya.

Kendati peluangnya masih terbuka, menurut Karyono, dari sisi keuntungan usaha gula tebu ini masih kalah dengan gula Jawa atau gula aren. Harga gula Jawa masih lebih mahal dibandingkan gula tebu.

"Untuk harga gula tebu saat ini sekitar Rp 8.500/kg, kalau gula Jawa sekitar Rp 11.000/kg. Padahal proses pembuatannya  sama antara gula tebu dan gula Jawa. Namun harga jualnya beda," katanya.

Untuk bisa mendapatkan kualitas gula yang bagus, lanjut Karyono, dibutuhkan tebu yang umurnya sudah tua. Sedangkan jika yang diproses adalah tebu muda maka tidak akan bisa menjadi gula yang bagus.

( Arief Noegroho / CN33 / JBSM )

Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: 'You Say What You Like, Because They Like What You Say' - http://www.medialens.org/index.php/alerts/alert-archive/alerts-2013/731-you-say-what-you-like-because-they-like-what-you-say.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar