Super Excellent Network Bersama Meraih Kebebasan Finansial Yang Sebenarnya

Jumat, 07 Desember 2012

Menteri BUMN Dorong Masyarakat Lebih Kreatif

Menteri BUMN Dorong Masyarakat Lebih Kreatif


Menteri BUMN Dorong Masyarakat Lebih Kreatif

Posted: 06 Dec 2012 11:06 PM PST

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan,  mengapresiasi ide-ide kreatif yang  dapat dikembangkan menjadi salah satu peluang  usaha guna meningkatkan taraf hidup masyarakat kecil-menengah, di tanah air.

Diantaranya seperti ide yang dihadirkan sejumlah peserta pameran Usaha Kecil Menengah (UKM), yang digelar Kelompok Media Peluang di Hotel Sahid, Jakarta, Jumat (7/12). "Saya (benar-benar) tertarik dengan (apa) yang disajikan," ujarnya.

Meski pameran tersebut didominasi usaha kecil, namun inovasi-inovasi yang dihadirkan benar-benar sangat brilian dan patut diacungi jempol. Seperti misalnya di bidang makanan. Di tempat ini Dahlan baru melihat ternyata ada mie ayam keju. "Ini kan idenya sangat kreatif. Mungkin seperti yang di Palembang itu, ada mie celur," katanya.

Saking terkesannya, Dahlan justru terlebih dahulu berkeliling melihat-lihat sejumlah stand yang ada, dimana diantaranya juga terdapat peserta yang coba menghadirkan cendol menjadi menu utama. Namun tidak seperti cendol pada umumnya, disini bahan baku diolah dengan menggunakan air reverse osmosis. Sehingga dijamin mutu hidangan sangat higienis. Dan jenis-jenis cendol yang dihadirkan juga semakin beragam. Misalnya cendol beans, cendol nangka dan cendol duren.

Itu belum termasuk peluang usaha angkringan model baru yang ditawarkan salah satu peserta. Dengan hanya bermodalkan Rp15 juta, masyarakat yang tertarik berwirausaha, telah  memeroleh gerobak unik nan menarik, bermotifkan tokoh-tokok kartun. Dan tentunya, menu-menu makanan khas tradisional yang ada, terjaga nilai kesehatannya.

"Jadi ada banyak ide-ide yang dihadirkan. Ada juga industri makanan yang kreatif," ujar pria yang memang sejak lama merindukan terus bertambahnya para pelaku usaha kecil-menengah di tanah air. Untuk itu ia berharap, dengan adanya ide-ide kreatif, minat masyarakat untuk berwirausaha, semakin berkembang.

Setelah berkeliling sejenak, Dahlan meresmikan acara pameran dengan menggunting pita dan membaca bismillah. Namun setelah itu, bukan berarti ia dapat melenggang begitu saja meninggalkan tempat. Karena puluhan pengunjung yang didominasi kaum ibu, telah menanti kesediaannya berfoto sejenak.

"Beliau orangnya sangat sederhana, selalu tersenyum dan sangat santun. Dan lagi sepertinya mudah bergaul dengan siapa saja. Jadi wajar dong kalau kita mengidolakan figur pemimpin seperti beliau," ujar Ibu Erny, warga Pamulang yang sengaja berkunjung ke pameran untuk melihat kira-kira peluang usaha apa yang bisa ia lakukan.(gir/jpnn).

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Gaza Blitz - Turmoil And Tragicomedy At The BBC.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar