Super Excellent Network Bersama Meraih Kebebasan Finansial Yang Sebenarnya

Rabu, 10 Oktober 2012

Formula yang Memprediksi Peluang Kehamilan

Formula yang Memprediksi Peluang Kehamilan


Formula yang Memprediksi Peluang Kehamilan

Posted: 09 Oct 2012 11:05 PM PDT

Rabu, 10 Oktober 2012 | 12:27 WIB

TEMPO.CO, London - Banyak wanita sulit hamil meski sudah melakukan berbagai macam terapi. Sebuah formula yang memprediksi peluang perempuan untuk hamil telah dirancang para ahli.

Dalam formula itu, peneliti dari University of Warwick dan London School of Economics mengkombinasikan informasi tentang penurunan kesuburan perempuan seiring berjalannya waktu serta lamanya masa yang telah dihabiskan perempuan untuk mempunyai anak.

Sebagai contoh, perempuan berusia 25 tahun yang telah berusaha hamil selama enam bulan mempunyai peluang 15 persen untuk mengandung pada bulan berikutnya. Kesempatan ini menurun bagi perempuan 30 tahun, yaitu 13 persen; dan pada perempuan 35 tahun peluangnya kurang dari 10 persen.

Cepatnya jam biologis juga memperlihatkan peluang hamil setelah usia 35 tahun benar-benar semakin kecil. Perempuan 40 tahun yang telah berusaha hamil selama enam bulan hanya mempunyai lima persen peluang untuk hamil.

Sebagaimana diberitakan laman Daily Mail, 5 Oktober 2012, kalkulasi dari formula tersebut juga menunjukkan bahwa ketika perempuan berusia 25 tahun dan telah berupaya selama 13 bulan untuk hamil, maka peluangnya dengan cepat menurun di bawah 10 persen. Tapi perempuan 35 tahun hanya mempunyai waktu enam bulan sebelum peluangnya benar-benar tipis.

Selama ini, aturan lama yang dipercayai adalah mereka yang berupaya mempunyai anak setidaknya harus menunggu sampai satu tahun sebelum mencari pertolongan, meskipun dokter telah mewanti-wanti tentang pengaruh umur. "Orang merasa malu, marah, dan tidak mau ke dokter. Pria, khususnya, sedikit enggan ke dokter," kata salah seorang peneliti, Profesor Geraldine Hartshorne.

Seiring berlalunya waktu dan orang telah berupaya untuk punya anak, lanjut Hartshorne, mereka mulai stres dan marah, yang bisa berpengaruh pada peluang mereka untuk melakukan hubungan seksual dan hamil. "Mendekati dokter tentang masalah personal adalah menakutkan, padahal mengetahui waktu yang tepat untuk memulai investigasi akan sangat berguna untuk langkah ke depannya," kata Hartshorne, sebagaimana ditulis jurnal PLoS One.

Peneliti telah melewati kajian ini untuk National Institute for Health and Clinical Excellence, yang telah memformulasikan panduan kesehatan. Ke depan, sangat mungkin untuk menciptakan kalkulator online yang menyediakan pasangan dengan prediksi yang dipersonalkan.

Hartshorne juga menambahkan faktor-faktor lainnya, seperti merokok atau kegemukan, adalah ''bukan hal yang sangat penting'' ketika berkeinginan untuk hamil. Meskipun demikian, gaya hidup sehat dapat memperkuat peluang bayi lahir dengan sehat.

Berikut ini formula yang menunjukkan peluang hamil dengan umur dan lama waktu yang dihabiskan untuk mendapatkan kehamilan:

Lamanya bulan yang telah diupayakan untuk hamil
3 6 9 12 24 36
Umur
25 18% 15% 12% 10% 6% 3%
30 16% 13% 11% 9% 4% 2%
35 12% 9% 7% 6% 2% 1%
40 7% 5% 4% 3% 1% 0,5%

AMIRULLAH

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Incinerating Assange - The Liberal Media Go To Work.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar