Super Excellent Network Bersama Meraih Kebebasan Finansial Yang Sebenarnya

Rabu, 20 Juni 2012

Kadin: UKM miliki peluang besar ekspor ke Timur Tengah

Kadin: UKM miliki peluang besar ekspor ke Timur Tengah


Kadin: UKM miliki peluang besar ekspor ke Timur Tengah

Posted: 19 Jun 2012 02:08 AM PDT

Logo Kadin. (FOTO ANTARA/Prasetyo Utomo)

barang-barang yang memiliki peluang besar untuk diekspor ke Timur Tengah, antara lain makanan, minuman dan barang-barang kerajinan.

Berita Terkait

Jakarta (ANTARA News) - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menilai saat ini sektor Usaha Kecil dan Menengah (UKM) memiliki peluang yang cukup besar untuk melakukan ekspor.

"Tahun ini, peluang UKM Indonesia untuk melakukan ekspor cukup tinggi, khususnya ke negara-negara Timur Tengah," kata Wakil Ketua Umum Kadin bidang Industri, Riset dan Teknologi Bambang Sujagad di Menara Kadin, Jakarta, Selasa.

Bambang mengungkapkan barang-barang yang memiliki peluang besar untuk diekspor ke Timur Tengah, antara lain makanan, minuman dan barang-barang kerajinan.

Menurut Bambang, tidak ada banyak hambatan atau kendala yang dihadapi dalam melakukan ekspor ke negara-negara Timur Tengah.

"Karena kebanyakan negara-negaranya merupakan negara yang bebas pajak. Selain itu, persaingan di negara-negara tersebut juga tidak terlalu ketat, biasa saja," kata Bambang.

Bambang menuturkan saat ini yang sebenarnya memiliki peluang ekspor terbesar adalah Industri Kecil dan Menengah (IKM), terutama industri komponen mobil.

"Sebagian besar mobil yang dikirim ke Timur Tengah, 80 persen komponennya merupakan buatan lokal. Jadi, produk kita yang diekspor ke sana (Timur Tengah) sudah dalam bentuk jadi, bukan lagi berupa komponen murni," ujar Bambang.

Bambang menambahkan komponen murni yang diekspor ke Timur Tengah kurang diminati karena hanya terdapat sedikit perusahaan perakitan atau assembling di kawasan tersebut.

(R027)

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Komentar Pembaca

Kirim Komentar

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Donate to Wikileaks.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar