Super Excellent Network Bersama Meraih Kebebasan Finansial Yang Sebenarnya

Sabtu, 05 Juli 2014

Jelang Lebaran, Produsen Camilan Siapkan Stok

Jelang Lebaran, Produsen Camilan Siapkan Stok


Jelang Lebaran, Produsen Camilan Siapkan Stok

Posted: 05 Jul 2014 09:26 AM PDT

SLEMAN, suaramerdeka.com - Lebaran menjadi peluang bagi pelaku usaha untuk meraup keuntungan, tidak terkecuali produsen camilan. Lonjakan permintaan jelang hari raya merupakan tren yang biasa terjadi tiap tahun.

Untuk memenuhi permintaan, produsen telah menyiapkan stok sejak jauh hari sebelumnya. Sumiyatun (45), pembuat makanan ringan di Desa Tirtoadi, Sleman mengaku mulai awal puasa ini sudah menambah produksi. 

Jika pada hari biasa hanya membuat 3-4 kilogram onde-onde ceplis, kini produksinya bisa sampai 15 kilogram per hari. "Untuk persiapan biar nanti tidak kewalahan. Biasanya kalau mendekati lebaran, banyak yang pesan," ujarnya.

Momentum hari raya tidak lantas dimanfaatkan untuk mencari laba sebesar-besarnya. Sumiyatun masih menjual produk onde-onde mininya dengan harga sama seperti biasa, yakni Rp 13.000 per kemasan seperempat kilogram.     

Kelompok produsen olahan ikan di Dusun Burikan, Desa Sumberadi, Mlati juga mempersiapkan order lebaran sejak awal. Dari beberapa macam produk, yang paling banyak dipesan adalah abon ikan. 

"Permulaan ramadan seperti ini belum banyak pesanan. Biasanya order untuk oleh-oleh mulai banyak sekitar seminggu sebelum Idul Fitri," kata Siti Nofiatun, ketua kelompok Mina Kepis. 

Di luar bulan ramadan, kelompoknya butuh 50 kilogram ikan untuk diolah jadi abon. Saat lebaran bisa meningkat hampir dua kali lipat. 

Meski lonjakan permintaan cukup tajam, Siti mengaku tidak ada masalah terkait ketersediaan bahan baku. Kebutuhan ikan biasanya dipasok dari kelompok budidaya yang ada di sekitar dusun.

( Amelia Hapsari / CN19 / SMNetwork )

Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar