Super Excellent Network Bersama Meraih Kebebasan Finansial Yang Sebenarnya

Jumat, 20 Juni 2014

Produsen Makanan Inggris Berlomba-lomba Keluarkan Produk Bertema Brazil

Produsen Makanan Inggris Berlomba-lomba Keluarkan Produk Bertema Brazil


Produsen Makanan Inggris Berlomba-lomba Keluarkan Produk Bertema Brazil

Posted: 19 Jun 2014 12:14 PM PDT

Demam Piala Dunia dijadikan peluang usaha bagi para produsen makanan Inggris. Saat ini, banyak produk makanan kemasan dan minuman yang terinpirasi dari hidangan Brazilia. Mulai dari feijoada hingga koktail caipirinha.

Langkah pemasaran ini dilakukan karena banyak brand tidak mempunyai cukup uang untuk menjadi sponsor resmi Piala Dunia. Karenanya menciptakan produk yang bertema Brazilia dianggap bisa menarik masyarakat untuk membeli. Strategi ini juga dipakai saat Olimpiade London 2012 dengan pemasangan bendera Union Jack di produk.

Cita rasa churrasco, sajian barbecue daging khas Brazilia dikemas dalam hidangan mie instan Pot Noodle. Sementara itu, M&M's mengeluarkan versi Brazil yang terinspirasi dari brigadeiro dengan kemasan hijau dan kuning. Feijoada, stew black bean dan daging disajikan dalam pie sesuai dengan selera Inggris keluaran brand Pieminister.

Dilansir dalam BBC (19/06/2014), suasana karnaval khas Brazilia juga diangkat oleh brand besar seperti KFC dan Domino's Pizza. KFC menawarkan Carnival Box isi burger dengan tambahan chilli mayonnaise dan saus barbecue. Domino's juga menawarkan pizza The Fiesta dan The Rio.

Minuman khas Brazilia yaitu koktail caipirinha bisa dicoba lewat minuman 'Brazilian alcoholic mix' dari merek WKD. Sementara yang nonalkohol ditawarkan brand Lucozade lewat produk 'The Brazilian' yaitu jus jeruk Mandarin dan mangga.

Tapi, apakah hal tersebut bisa mendorong penjualan brand? Stephen Springham selaku analis dari Planet Retail menyatakan hal tersebut tidak akan mempengaruhi penjualan. Ia menganalisa 12 turnamen sepak bola dan menemukan penjualan retail malah menunjukkan penurunan.

Tapi, analis lain percaya supermarket menyediakan makanan dan minuman Brazilia agar tidak kehilangan pelanggan.

Walau hidangan tradisional Brazil terlihat sederhana, Chef Marcello Tully asal Brazilia menyatakan hidangan dasar negara tersebut secara teknis sulit dibuat. Ia menghabiskan sebagian besar karirnya untuk mengembangkan makanan bagi para produsen dan tahu betul kesulitan membuat produk makanan khas Brazilia.

Tren Piala Dunia ini ternyata membawa kabar baik bagi masyarakat yang susah mencari produk makanan dan minuman Brazilia di Inggris. Dua tahun lalu, sangat sulit menemukan minuman alkohol cachaca, saat ini lebih mudah ditemukan.

(rin/fit)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar