Jumat, 08 November 2013

Menhub: Industri Penerbangan Maju Pesat

Menhub: Industri Penerbangan Maju Pesat


Menhub: Industri Penerbangan Maju Pesat

Posted: 08 Nov 2013 06:46 PM PST


SURABAYA, suaramerdeka.com -
Perkembangan industri penerbangan yang pesat membuka peluang usaha bidang angkutan udara dan mendorong investor baik asing maupun nasional untuk berinvestasi di bidang jasa angkutan udara serta mendorong perusahaan penerbangan untuk lebih kompetitif. Baik dalam hal memberikan tarif penerbangan, layanan jaringan rute yang luas, konektivitas antarrute serta pelayanan penerbangan yang aman dan nyaman.

Hal itu dikatakan Menteri Perhubungan EE Mangindaan saat membuka Munas Asosiasi Perusahaan Penerbangan Nasional (INACA) di Surabaya.

Menurutnya, perkembangan jasa angkutan udara antara lain ditunjukkan dengan pertumbuhan permintaan penumpang angkutan udara yang sangat signifikan.

Saat ini, lanjut dia, telah beroperasi 18 perusahaan angkutan udara niaga berjadwal dan pada tahun 2012 mengangkut sebesar 81.359.755 penumpang, dengan perincian total penumpang yang diangkut oleh penerbangan domestik badan usaha angkutan udara niaga nasional sebesar 71.421.464 penumpang.

"Total penumpang yang diangkut oleh penerbangan internasional badan usaha angkutan udara niaga nasional sebesar 9.938.291 penumpang," katanya.

Sementara, jumlah badan usaha angkutan udara niaga tidak berjadwal yang beroperasi sebanyak 47 pe rusahaan pada tahun 2013, sebelumnya tahun 2012 berjumlah 42 perusahaan.

"Meningkatnya jumlah perusahaan ini juga menunjukkan peningkatan kebutuhan pelayanan angkutan udara khususnya angkutan udara niaga tidak berjadwal untuk kepentingan privat, perusahaan atau lainnya," tuturnya.

Sejalan dengan pertumbuhan penumpang dan jasa angkutan udara, yang mengakibatkan kapasitas bandar udara cukup padat beberapa tahun belakangan ini, mengakibatkan penyelenggara bandar udara perlu mengantisipasi ketersediaan lahan, sarana dan prasarana angkutan udara, serta lebih memperhatikan slot time, serta keselamatan dan keamanan penerbangan.

"Hal ini perlu menjadi perhatian khusus bagi badan usaha angkutan udara da lam menjalankan kegiatan operasionalnya," ungkapnya.

( Budi Nugraha / CN33 / SMNetwork )

Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar