Senin, 25 Februari 2013

PERKEBUNAN SAWIT: Peluang Usaha Di Sumsel Masih Terbuka

PERKEBUNAN SAWIT: Peluang Usaha Di Sumsel Masih Terbuka


PERKEBUNAN SAWIT: Peluang Usaha Di Sumsel Masih Terbuka

Posted: 18 Feb 2013 12:07 AM PST

PALEMBANG--Peluang usaha sektor perkebunan kelapa sawit di Sumatra Selatan masih terbuka lebar seiiring masih tersedianya potensi lahan sekitar 400.000 hektare untuk dikembangkan di provinsi itu.

 

Kepala Bidang Produksi Dinas Perkebunan Sumsel Safar Bahri mengatakan potensi lahan ratusan ribu hektare itu cocok untuk ditanami komoditas hortikultura maupun perkebunan, termasuk kelapa sawit.

 

"Lahan-lahan itu ada yang termasuk di hutan dan berstatus  areal penggunaan lain (APL). Secara tata ruang, lahan itu oke," katanya saat dihubungi Bisnis, Senin (18/2).

 

Dia mengatakan potensi lahan tersebar di beberapa kabupaten a.l Banyuasin, Musi Banyuasin, Musi Rawas dan Ogan Komering Ilir (OKI).

 

Saat ini lahan sawit yang sudah berproduksi seluas 800.000 Ha.  Sekitar 120.000 Ha atau 15% dari total lahan sawit yang ada tersebut merupakan lahan milik petani swadaya.

 

Pemerintah menargetkan luas areal produksi bisa bertambah jadi 900.000 Ha pada tahun ini dengan produksi sekitar 2,3 juta ton.

 

"Produksi tahun lalu sebetulnya sudah melampaui target. Kami yakin tahun ini pun target produksi bisa tercapai," katanya.

 

Safar mengatakan secara produktivitas, komoditas andalan Sumsel itu tidak banyak kendala. Saat ini angka produktivitasnya ada yang mampu mencapai 2 ton per ha. (if)

 

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Eyes Like Blank Discs - The Guardian's Steven Poole On George Orwell's Politics And The English Language.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar