Super Excellent Network Bersama Meraih Kebebasan Finansial Yang Sebenarnya

Sabtu, 12 Januari 2013

PELUANG USAHA: Mencari Inspirasi Bisnis dari Skripsi Mahasisawa

PELUANG USAHA: Mencari Inspirasi Bisnis dari Skripsi Mahasisawa


PELUANG USAHA: Mencari Inspirasi Bisnis dari Skripsi Mahasisawa

Posted: 22 Dec 2012 03:05 AM PST

BOGOR: Skripsi mahasiswa ternyata bisa menjadi sumber inspirasi dalam berwirausaha, karena tidak jarang menyajikan ide dan pemikiran yang inspiratif.

"Kalau kalian ingin mendapatkan ide-ide kreatif, silakan datangi perpustakaan. Seluruh skripsi di perpustakaan IPB dapat menjadi peluang usaha," tutur Pendiri Misterblek Kopi, Basri Adhi dalam acara Studium Generale  'Pembekalan Pra Wisuda', di Kampus Institut Pertanian Bogor (IPB) Darmaga, dalam siaran pers IPB hari ini, Sabtu (22/12/2012).

Basri mendapatkan formula terbaik misterblek kopi setelah mempelajari skripsi salah seorang mahasiswa Teknologi Pertanian, IPB. Lulus kuliah, Basri mencoba peruntungan dengan bekerja di bidang Jurnalistik dan berhasil. Mantan Redaksi Buletin Katalis, Fakultas Teknologi Pertanian, IPB ini memulai karir di koran nasional.

Selama hampir 10 tahun berkarir di media nasional dan mencapai posisi General Manajer Marketing, Basri 'bakar kapal'.

"Saya capek jadi pengawai, dan ingin memulai usaha sendiri. Saya pun mencoba berbagai bisnis. Dari mulai ternak bebek, membuat majalah sendiri dan sebagainya, namun tidak bertahan lama alias gagal total," lanjut Alumni Departemen Teknologi Industri Pertanian  IPB itu.

Dengan pengalamannya itu, Basri menghimbau bagi alumni yang ingin menjadi wirausahawan, agar berlatih sejak dini. Bila perlu, para wisudawan baru membuat resolusi hidup atau cita-cita. Hal ini supaya para wisudawan mempunyai tujuan dan mimpi yang jelas.

"Setiap kita ingin mewujudkan mimpi besar, kita pasti akan terhubung dengan mimpi-mimpi kecil orang lain. Ini akan memperkuat mimpi kita dan membantu mewujudkan mimpi orang lain," ujar Basri.

Wakil Rektor Bidang Sumber Daya dan Pengembangan IPB, Prof.Dr.Ir.Hermanto Siregar, M.Ec dalam sambutannya berharap sebanyak 10% alumni IPB menjadi entrepreneur.

"Sepuluh persen saja alumni IPB menjadi wirausahawan tentu efeknya luar biasa. Mereka dapat membantu beban pemerintah dengan membuka lapangan kerja baru," kata Hermanto.

Kegiatan yang diselenggarakan Direktorat Pengembangan Karir dan Hubungan Alumni, IPB ini juga menghadirkan alumni sukses Dr.Rozan Anwar, Co Founder Daya Dimensi Indonesia. (sut) 

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Gaza Blitz - Turmoil And Tragicomedy At The BBC.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar